Saturday, December 15, 2012

Berjamaah Lebih Asik



KulTwit Ust. Yusuf Mansur
Sumber: @yusuf_mansur

#jamaah 1. Saya bahagia banget bisa njalanin 1 perintah Rasul, dan nerapinnya di urusan ekonomi, bisnis, perdagangan, usaha.
#jamaah 2. Rasulullaah Muhammad.... (Jawab ya... Dg shalawat... Setiap disebut namanya Rasul, atau skdr Rasul saja atau Nabi).
#jamaah 3. Rasulullaah Muhammad shollaa 'alaih, nekenin banget kita bersatu... 'Alaikum biljamaa'ah... Wajib atas kalian bersatu...
#jamaah 4. Kalimat Rasul... (Jawab lagi tuh...).
#jamaah 5. Kalimat Rasul, menunjukkan juga penekanan spy kita semua berjamaah. Tentu saja di semua urusan. Bukan soal ekonomi&shalat saja.
#jamaah 6. Prinsip 'alaikum bil jamaa'ah ini lama2 saya pikir merupakan asasnya ekonomi Indonesia. Ekonomi gotong royong. Koperasi. BMT.
#jamaah 7. Semua peluang bisnis, usaha, dan bahkan asetnya, dikembalikan kpd sebanyak2nya masyarakat.
#jamaah 8. Kesempatan memiliki lahan, bisnis, usaha, juga diberikan kpd sebanyak2nya jamaah.
#jamaah 9. Saya tidak mau menyesali ke belakang. Tp bolehlah saya mengatakan ini sbg sebuah ilmu dan pelajaran...
#jamaah 10. Masyarakat betawi harusnya tidak usah pindah dan dipindahkan dari tanahnya.
#jamaah 11. Mereka bisa berjabat tangan dg indah... Dengan siapapun yg mau mengembangkan dan memanfaatkan lahannya. Dg kerjasama.
#jamaah 12. Misal, dicium potensi bhw di atas lahan2 mereka bisa dibangun pertokoan, mall, perumahan, hotel, kondotel, kerjasama saja.
#jamaah 13. Pemilik lahan bisa sebagai pemegang saham, penikmat juga bisnis yg berkembang di lahannya. Bukan sbg yg "diusir" atau trusir.
#jamaah 14. Dan kebutuhan akan dana juga bisa disuplai oleh entitas masyarakat lain di luar pemilik lahan. Saling bantu membantu.
#jamaah 15. Bukan saling makan memakan, memanfaatkan kebodohan, ketidaktahuan, dan kebutuhan masyarakat.
#jamaah 16. Demikian pula lahan2 sawit, batubara, emas, dan seluruh potensi lain di tiap2 daerah, yg masyaAllah, masyarakat asli malah...
#jamaah 17. Malah apaan hayo...? He he he. Tetep kalem ya...
#jamaah 18. Allah bahkan berfirman wa'tashimuu... Bersatulah kalian...
#jamaah 19. Aturannya: bihablimminallaah... Bersatunya dg ikatan tali Allah: agamanya Allah, kepentingannya Allah. Bukan nafsu&keburukan.
#jamaah 20. Yg bersatu, Allah sebut sbg Fa-ashbahtum bini'matihii ikhwaanaa... Akan dapat manisnya persaudaraan.
#jamaah 21. Indah... Bnr2 indah. Usaha juga akan berkah. Sebab tidak ada jeritan tangis masyarakat yg terpinggirkan sbb sistem kapitalis.
#jamaah 22. Saya tuh ya suka memandangi keluar jendela... Saat saya menginap di hotel lantai belasan, bahkan puluhan...
#jamaah 23. Air mata saya suka netes...
#jamaah 24. Liat bedanya, mata yg ada empati dan simpati kepada masyarakat pemilik lahan, ketika saya mau bikin hotel...
#jamaah 25. Tatkala saya menjadi pengusaha bengis, ga peduli, maka dari lantai atas hotel saya melihat gurihnya deretan rmh2...
#jamaah 26. Atas dasar ekonomi biasa, ekonomi jual beli biasa, maka bila ada uang, dan mereka mau, maka perumahan itu bisa dibeli&disulap.
#jamaah 27. Jadi apa? Ya banyak. Bisa jadi komplek pergudangan, perkantoran, perhotelan, mall, rekreasi...
#jamaah 28. Tanpa melibatkan mereka sbg pemilik juga... Dan penikmat.
#jamaah 29. Saya memandang ke bawah, ke barisan rumah2... Di sana ada keceriaan anak2 yg bermain bersama...
#jamaah 30. Berbecek2, di gang2, saling maen petak umpet, dan sesekali berenang jika beruntung datang banjir.
#jamaah 31. Sebagai orang yg memiliki dana, kesempatan, kekuatan, ide, ilmu... Harusnya kwn2 pengusaha memiliki juga hati...
#jamaah 32. Yakni gimana caranya mereka ini tetap menjadi pemilik... Keceriaan anak2 ini masih tetep ceria... Yg berganti adalah keadaannya.
#jamaah 33. Bangun dah apartemen2... Bangun berlantai2 ke atas. Kalo perlu 36 lantai...
#jamaah 34. Koq 36? Tanggung amat? Ya, besok tgl 19 des saya ultah ke-36, he he. Narsis ya? Ga apa2, he he. Ngasih tau.
#jamaah 35. Maaf ya, ga nerima ucapan selamat. Tapi terimanya ucapan doa dan transferan rekening, ha ha ha.
#jamaah 36. Selalu ada keceriaan di balik tweet. Saya pengen banget membagi ilmu yg tdk menjadikan dahi sahabat2 berkerut...
#jamaah 37. Nah, bangun dah ke atas. Kalo perlu puluhan lantai, seperti apartemen2 megah nan sombong. Perih saya melihatnya...
#jamaah 38. Kenapa perih...? Masa sih, ga bisa ngasih selantai u/ pemilik lahan asli. Segitunya kah ekonomi kapitalis...?
#jamaah 39. Ga berkenankah menangkat derajat kaum dhuafa...? Mengangkat derajat anak2 mereka...? Dari kampung kumuh, jadi bersih...
#jamaah 39. Sebagai pemilik lahan, mereka dijadilkan pemilik saham juga. Bagilah mereka sedikit. Sehingga bs membiayai hidup mereka.
#jamaah 39. Tapi apa yg trjadi...? Ekonomi kapitalis murni, bukan ekonomi Indonesia asli, meniadakan mereka. Mereka bukan orang...
#jamaah 39. Bukan orang, yg mesti diistimewakan dan diberikan tempat. Transaksi jual beli selesai, terserah mereka mau pindah kemana&dimana.
#jamaah 39. Nmrnya 39 melulu ya? He he he. Sama dg tweet tadi pagi, 7 melulu...
#jamaah 39. Konsen ke tweetnya aja...
#jamaah 39. Jangan ke nomornya. Apalagi sampe protes. Ga penting banget, he he. Ga menikmati isinya. Sbb fokus kpd kekurangan, he he.
#jamaah 40. Lalu berdirilah apartemen demi apartemen. Dibangun blok/lantai u/ rekreasi penghuni.
#jamaah 41. Terlihatlah pemandangan yg menyenangkan, tapi miris...
#jamaah 42. Barisan anak2 yg sehat2, lucu2, ngegemes2in semua... Pada bermain air di kolam renang, taman anak, berlari2an, bermain2...
#jamaah 43. Semuanya ceria. Ditemani ayah, ibu, atau susternya...
#jamaah 44. Itu juga anak2 Indonesia. Jelas saya senang juga... Jelas saya cinta juga... Gpp dah... Toh msh anak2 kita juga...
#jamaah 45. Begitu saya menghibur diri...
#jamaah 46. Eit eit eit... Sebentar...
#jamaah 47. Benarkah...?
#jamaah 47. Trnyata ga juga. Wajah2nya wajah anak2 bule, arab, india, wajah anak2 Hongkong...
#jamaah 47. Berbaur dg anak2 Indonesia yg fasih berbahasa asing juga...
#jamaah 47. Di pikiran saya kayak ada memori flash... Kemana anak2 pemilik lahan...? Kemana keceriaan mereka main bola becek2an...?
#jamaah 47. Kemana ibu2 yg pada nongkrong di depan pintunya? Duduk di atas bale kayu? Di bawah pohon mangga? Sambil cari kutu, he he.
#jamaah 47. Semua dg alasan ekonomi, sah2 saja. Tapi tidakkah lebih sah lagi bersatu, bergandengan tangan, dg mereka2...?
#jamaah 47. Asal ada dana, kesempatan, orang2 kaya tak perlu kuatir tak seimbang.
#jamaah 48. Upgrade aja orang2 di gang tsb, seperti Leonardo di Titanic. Atau Julia Robert di Pretty Woman. Upgrade sehingga bs bersanding.
#jamaah 49. Dari ketinggian hotel, saya memandang rumah2 itu bakal tertata rapih... Kasih mereke selantai, pakaikan mereka yg lbh baik.
#jamaah 50. Begitu juga daerah2 lain, sbg pemilik emas, batubara, biji besi, pasir, dan apalah kekayaan alam di perut tanah yg mereka diami.
#jamaah 51. Lahan2 sawit yg subhaanallaah, lagi2 atas nama ekonomi, bs dikuasi oleh 1-2 orang aja, atau 1-2 perusahaan saja.
#jamaah 52. Lagi2, orang2 sekitar, jadi buruh... Salahkah...? Ga mau jawab. Perih... Perih...
#jamaah 53. Sama saja nasibnya dg pengarit rumput, penarik gerobak, satpam... Padahal mereka lahir di sana... Perih...
#jamaah 55. Konyolnya. Pemilik tunggal, atau "hanya" sekelompok orang itu, sesungguhnya dibiayai oleh duit kita yg dihimpun bank...
#jamaah 55. Ya Tuhan... Kita bersatu, namun persatuan kita, dipakai mengusir dan mengeksplorasi sodara2 kita sendiri...
#jamaah 55. Saya membayangkan juga saya datang... Membebaskan lahan2 sawah... Namun duduk bercengkrama dg petani2 aslinya...
#jamaah 55. Makasih buat yg sudah belajar u/ ga musingin nomor.
#jamaah 56. Sebelom mengeksekusi sawah2 yg mau dieksekusi, saya membayangkan duduk bercengkrama dg petani2 di sana...
#jamaah 57. Apa yg menjadi kebutuhan dan keperluan mereka. Lalu mencari win-win solution. Mereka ga perlu keluar dari sawahnya.
#jamaah 58. InsyaAllah pasti bisa, dg doa dan asal mau mikirin mereka2 itu.
#jamaah 59. Ketika saya mengeksekusi juga lahan 4,7ha deket bandara, saya pun mulai menggoretkan ekonomi berjamaah...
#jamaah 60. Patungan Aset digulirkan... Sebidang tanah saya mewakili saudara2 semua yg ikutan patungan aset, saya beli.
#jamaah 61. Tapi sebisa mungkin memberi manfaat u/ orang2 miskin yg tak punya.
#jamaah 62. Saya pengen berbeda. Kita patungan beli lahan itu, tidak u/ keuntungan sesaat. Di mana kita beli, lalu dijual begitu saja.
#jamaah 63. Jangan. Biar aja puluhan ribu orang yg ikut di barisan saya, ttp menjadi "pemilik" lahan itu.
#jamaah 64. Kita undang kwn2 dari industri ini dan itu, u/ bangun ini dan itu juga. Dengan menyertakan kita sbg pemilik saham juga.
#jamaah 65. Ah, tak sabar rasanya menunggu 1/3 malam... Untuk berdoa... Agar saya bisa menjadi pengusaha yg saleh...
#jamaah 66. Dan bs mengajak sebanyak2nya kawan, u/ jadi juga pengusaha yg saleh...
#jamaah 67. Yg tak egois berusaha, berbisnis, tp hanya u/ kepentingan dirinya saja.
#jamaah 68. Kepentingan Allah, agama, orang dhuafa, hrs pula diperhatikan. Biar berkah&menenangkan.
#jamaah 69. Makasih. Saya udah nyampe rumah. Tadi otw dari bandara ke rumah. Mdh2an manfaat nih kultwit.
#jamaah 70. 'Alaikum bil jamaa'ah. Wajib atas kalian berjamaah. Begitu sekali lagi Rasulullah mengingatkan. Semoga qt bs menjalannya.
#jamaah 70. 'Alaikum bil jamaa'ah. Wajib atas kalian berjamaah. Begitu sekali lagi Rasulullah mengingatkan. Semoga qt bs menjalannya.




No comments:

Post a Comment